Sequoia India meluncurkan Spark Fellowship untuk India & SEA, dan memperluas program untuk mendukung entrepreneur wanita

Team Sequoia India & Southeast Asia (now known as Peak XV)

Published July 27, 2021

Kami percaya inilah saatnya untuk mendukung para founders perempuan lebih banyak lagi. Setiap langkah pasti menunjukkan dampak yang berlebih. Kami sangat senang untuk meluncurkan Spark Fellowship untuk para founder wanita di India dan Asia Tenggara.

Keragaman gender pasti baik untuk masyarakat dan ekonomi. Perspektif, pengalaman, dan sudut pandang yang berbeda membantu mendorong inovasi.

Hanya 12% dari startup India dan 20% dari startup ASEAN yang didukung oleh perusahaan venture capital setidaknya memiliki satu founder wanita, menurut data yang bersumber dari Tracxn dan Crunchbase pada tahun 2020.

Inisiatif Sequoia Spark kami untuk para founder wanita di India dan Asia Tenggara adalah salah satu upaya untuk memicu perubahan. Dengan mendorong lebih banyak wanita untuk memulai perusahaan mereka sendiri, kami berharap program ini dapat meningkatkan top of the funnel untuk semua perusahaan venture capital, termasuk perusahaan kami.

Selama setahun terakhir ini, kami menjalankan survei yang menanyakan para founder wanita bantuan apa yang mereka butuhkan untuk membantu membentuk program kami. Tanggapannya jelas: akses yang lebih besar ke pengetahuan, jaringan, mentorship, dan modal.

Hari ini, kami dengan senang hati mengumumkan bahwa kami memperluas inisiatif Sequoia Spark untuk melakukan hal itu. Kami sangat senang dapat meluncurkan program fellowship untuk founder wanita, didukung oleh mentorship yang berdedikasi dan mendalam, serta serangkaian sesi dan acara yang tersedia untuk wanita-wanita di India dan Asia Tenggara. Tujuan kami adalah mendorong lebih banyak wanita untuk membangun perusahaan, dan menginspirasi lebih banyak wanita untuk menjadi entrepreneur.

 

Spark Fellowship

 

Sequoia India akan menawarkan fellowship senilai US$100,000 kepada 15 entrepreneur wanita setiap tahun di India dan Asia Tenggara, dengan startup tahap prelaunch atau pre-PMF (product-market fit). Penerima akan menerima one-on-one mentorship yang terstruktur dengan penasihat investasi senior Sequoia India, yang akan bekerja sama dengan mereka selama periode 12 bulan. Dana senilai US$100,000 tidak memiliki ikatan, tidak ada ekuitas atau convertible note untuk Sequoia.

Setiap penerima juga akan dicocokkan dengan startup founder dari perusahaan portofolio Sequoia India, yang akan menjadi founder mentor. Kami sangat senang banyak founder yang hebat di seluruh India dan Asia Tenggara telah setuju untuk menjadi mentor Spark.

Temui Spark Mentor Kami

Penerima Spark Fellowship juga akan memiliki akses ke sesi Surge tertentu, dan dukungan langsung dari spesialis perusahaan portofolio Sequoia India, di departemen perekrutan, hukum, keuangan, produk, teknologi, dan marketing.

Program Spark Fellowship pertama akan diluncurkan pada November 2021. Aplikasi akan ditutup pada 15 September.

 

Program yang Luas untuk Membuat Ekosistem yang Lebih Besar

 

Kami juga memperluas program ini untuk menawarkan lebih banyak sesi dan acara kepada komunitas entrepreneur wanita yang lebih luas di India dan Asia Tenggara. Ini termasuk:

  • Spark Talks: Webinar bulanan dengan wanita-wanita inspiratif di seluruh dunia dalam peran kepemimpinan.
  • Spark Studios: Sesi kelompok kecil yang dikurasi oleh spesialis Sequoia India yang akan menawarkan saran praktis terkait perekrutan, produk, teknologi, keuangan, marketing, dan banyak lagi.
  • Spark Coffee Chats: Komitmen dari tim penasihat investasi Sequoia India dan Asia Tenggara untuk menghabiskan lebih dari 250 jam, setiap tahun, untuk sesi one-on-one ‘coffee chat’ dengan para founder wanita tentang masalah bisnis. Pada masa pandemi, ini akan dilakukan melalui Zoom.

Kebutuhan untuk menciptakan lingkungan yang lebih ramah bagi para founder wanita sangat penting sekali. Kami melihat beberapa tunas hijau, tetapi masih banyak yang harus dilakukan. Misalnya, sepertiga dari startup dalam kelompok Surge saat ini memiliki setidaknya satu founder wanita, dengan 10 wanita dalam kelompok ini secara keseluruhan. Kami baru saja memulai dan kami mau untuk terus berkembang.

Jika Anda seorang founder wanita, atau bercita-cita untuk menjadi entrepreneur, dan ingin informasi lebih lanjut tentang Spark Fellowship atau rangkaian program kami yang lebih luas, silakan klik di sini.

Kami ingin mengundang dan mendorong anggota komunitas investasi lainnya untuk bergabung bersama kami dalam program Spark Fellowship melalui model ‘open architecture’. Kami mengundang para angel investor yang ingin menginvestasikan uang di startup tersebut ini, dengan program fellowship kami, dan bekerja terhadap tujuan yang sama untuk membantu para founder wanita sukses.

Bersama-sama, kita bisa memicu perubahan.